Kamis, 29 September 2022

Artikel

17 Agustus 2016   

kunci sukses menabung uang

9 TIPS SUKSSES  MENABUNG

Bagi sebagian orang, bahkan bagi yang berpenghasilan tinggi sekalipun, menabung bisa jadi tergolong gampang-gampang susah dilakukan.
Sebab, berhasil atau tidaknya menabung bukan tergantung dari besarnya penghasilan, melainkan dari kedisiplinan yang selalu terjaga.
Bila Anda termasuk sulit menabung, berikut adalah 9 tips sukses menabung yang perlu Anda coba.
1.   Tentukan terlebih dulu tujuan menabung, agar Anda memiliki target tertentu yang harus dicapai. Dengan demikian, Anda akan lebih bersemangat menabung.
2.   Alokasikan dana yang akan ditabung segera setelah gajian, bukan di akhir bulan, untuk mencegah uang habis sebelum sempat disisihkan.
3.   Pisahkan rekening untuk menabung dan rekening pemasukan Anda. Dengan demikian, keuangan lebih mudah dikontrol setiap bulan.
4.   Berapa pun penghasilan Anda, biasakan untuk menabung, sehingga Anda akan terbiasa melakukannya. Penghasilan yang kecil bukan alasan Anda tak bisa menabung.
5.   Biasakan melakukan pengeluaran dengan jumlah lebih sedikit daripada penghasilan Anda, agar tidak tekor di akhir bulan.
6.   Buatlah daftar anggaran selama satu bulan baik yang rutin maupun tidak, sehingga tidak ada uang yang habis tanpa juntrungan.
7.   Jangan lapar mata. Bila Anda memang gampang terpancing untuk berbelanja, jauhi hal-hal atau tempat yang bisa membuat Anda menghabiskan uang di luar rencana anggaran, misalnya mal.
8.   Bila penghasilan Anda bertambah, naikkan pula dana yang akan ditabung.
9.   Tak ada kata terlambat untuk menabung. Mulailah menabung sedini mungkin, sehingga hasil yang didapat juga lebih maksimal. [Source: Tabloid Nova]

10 KIAT SUKSES MENABUNG

Ekonomi boleh sulit, tapi menabung jalan terus. Dengan mempunyai tabungan, setidaknya kita mempunyai dana talangan bila terjadi hal-hal di luar perkiraan. Mary Rowland, penasehat keuangan yang juga kontributor pada situs moneymsn.com mempunyai beberapa tips untuk membantu kita.


1. Sedikit demi sedikit
Setidaknya tabunglah 10 persen dari pendapatan Anda. Jadi bila gaji kita Rp 2 juta perbulan, maka paling sedikit kita harus menyisihkan Rp 200 ribu untuk ditabung. Namun jangan putus asa jika Anda belum bisa menjalankannya. Yang terpenting ialah tekadnya.
Mulailah menyisihkan sejumlah kecil rupiah dari pendapatan Anda. Jumlahnya tergantung penilaian Anda. Berapa rupiah yang kira-kira bisa ditabung tanpa mengganggu 'perekonomian' Anda.
Lakukan hal itu sebagai kebiasaan dan menabunglah secara konsisten. Berjanjilah pada diri Anda, Anda akan menabung tiap akhir pekan, misalnya. Sesungguhnya, hal tersebut jauh lebih baik dibandingkan dengan menabungkan banyak uang sekaligus.

2. Perketat penarikan uang lewat ATM
Teknologi Automatic Teller Machine (ATM) memang sangat membantu, namun jangan keenakan bertransaksi dengan mesin 'murah hati' itu. Batasi pengeluaran Anda. Tentukan berapa rupiah yang akan diambil lewat ATM. Perlahan, coba kurangi jumlahnya. Jika kemudian terdapat sisa, tabungkanlah.

3. Lunasi tagihan kartu kredit dan pinjaman lainnya
Urutkan tagihan kartu kredit Anda mulai dari yang angkanya terbesar. Sisakan dua nomor terbawah. Konsentrasikan diri Anda untuk membayar tagihan dengan bunga terbesar. Lalu, ketika semuanya telah terlunasi, coba tambahkan jumlah tabungan Anda.

4. Susunlah rencana investasi secara otomatis
Simpanlah sejumlah uang dari tabungan Anda ke dalam bentuk investasi. Anda bisa menggunakan bantuan alat hitung otomatis untuk mencari tipe investasi yang paling menguntungkan bagi Anda, misalnya deposito atau saham.

5. Tingkatkan jumlah pelunasan cicilan Anda
Ketika Anda masih harus mencicil apapun untuk keperluan rumah tangga, cobalah untuk membayar lebih banyak di bulan-bulan berikutnya. Tak perlu menetapkan angka tertentu. Cukup dengan membulatkan jumlahnya ke angka ratusan terdekat.

6. Lunasi kredit mobil Anda
Bunga dari kredit mobil tidak akan berkurang. Ia akan menambah jumlah cicilan Anda. Karena itu, segera lunasi dan berusahalah untuk menabung.

7. Dana Pensiun
Dengan mengikuti program dana pensiun, Anda akan menikmati hasilnya di saat Anda pensiun nanti.

8. Evaluasi kebijakan asuransi jiwa jangka panjang Anda
Jika Anda memiliki beberapa asuransi jiwa yang memiliki jangka waktu yang sama, sesungguhnya Anda bisa memangkas preminya secara dramatis. Caranya cukup mudah. Ubah saja kebijakan yang selama ini Anda jalani.

9. Bukukan pendapatan dan pengeluaran Anda
Anda dapat menyisihkan lebih banyak uang untuk tabungan ketika Anda tahu untuk apa saja pendapatan Anda dibelanjakan. Nah, karenanya, jangan lupa mencatatnya.

10. Berdisiplin dengan Diri Sendiri
Kunci dari semua itu adalah berdisiplin dengan diri sendiri. Lupakan keinginan untuk tidak diperbudak uang bila Anda tidak bisa mengontrol nafsu membelanjakan uang.

SUMBER: Replubika.co.id


TIPS DAN TRIK CARA   MENABUNG YANG BENAR
  

Barangkali memang karena kita tidak dididik untuk memiliki uang cerdas sehingga sampai dewasa bahkan pensiun kita tidak memilikinya. Untuk bisa memiliki uang cerdas memang harus dimulai dengan kebiasaan yang benar. Bagaimanakah menabung dengan benar itu? Beberapa petunjuk di bawah ini mungkin bisa diikuti.
 
  1. Tetapkan Target : Sering kali kita menabung tanpa memiliki target apa pun, itulah sebabnya kita tidak memiliki apa-apa. Target seperti sebuah tujuan, dan ketika kita memiliki tujuan, langkah kita akan terarah dan semakin mudah menjangkaunya. Targetkan berapa besar tabungan yang ingin Anda miliki dan kapan itu.
  2. Sisihkan Bukan Sisakan : Mereka akan menabung ketika ada yang tersisa. Hal ini tentu saja tidak akan pernah kesampaian karena hampir tidak mungkin ada yang tersisa. Menabung yang benar adalah dengan menyisihkan sejak awal, ketika menerima gaji atau royalti. Dengan demikian kita sudah 'menyelamatkan' dahulu uang tabungan kita sebelum mulai memperguanakan sisanya.
  3. Lakukan Secara Rutin : Menabung hanya bisa berhasil ketika dilakukan secara rutin. Jika Anda menunggu naik pangkat, penghasilan besar baru memutuskan menabung, niscaya Anda tidak akan pernah memiliki uang tabungan. Lakukan tiap bulan, akan lebih baik seminggu sekali.
  4. Jumlah : Anda bisa menabung dengan jumlah yang tetap, atau semakin besar dan bukan semakin kecil.
  5. Jangan Ada Akses ATM : Menabung akan lebih berhasil apabila Anda tidak memiliki askses ATM. Artinya uang yang Anda tabungkan harus terpisah dengan rekening untuk keperluan sehari-hari. Fasilitas pembayaran berbagai macam tagihan sering menghamburkan makna rekening tabungan yang sebenarnya yang seharusnya semakin mengakumulasikan jumlahnya dari waktu ke waktu. Tetapi karena tercampur dengan untuk sarana pembayaran tagihan kita sering kali lupa bahwa yang seharusnya tetap berada di dalam rekening sebagai tabungan turut serta tergerus untuk membayar tagihan.
  6. Natura : Anda bisa menabung dalam bentuk natura misalnya emas atau logam mulia, tidak selalu harus berupa uang di bank. Banyak yang menganggapnya tidak likuid alias susah dicairkan jika perlu sewaktu-waktu. Anda tidak perlu khawatir karena emas dan logam mulia sangat likuid jika Anda membawanya ke Pegadaian.
  7. Jangan Diambil : Usahakan jangan diambil walau sesulit apa pun, atau jika dalam bentuk emas dan logam mulia jangan diuangkan.
  8. Alasan Kuat : Beri alasan yang kuat mengapa menabung. Untuk biaya pendidikan anak keluar negeri, komitmen terbebas dari utang. Membeli rumah berikutnya. Membeli mobil baru berikutnya.
  9. Sekarang : Kerjakan sekarang! Sering kita hanya memiliki rencana tetapi tidak mau mengaplikasikannya.  
     

    10 CARA MUDAH SUKES MENABUNG
     
    Kebiasaan menabung orang Indonesia ternyata dari tahun ke tahun tidak berubah. Hanya 47 persen orang Indonesia yang sudah mulai menabung, serta hanya 29 persen yang taat kepada anggaran belanja yang dibuatnya. Demikian hasil Citi Financial Quotient Survey (Survey Kecerdasan Finansial) yang dilakukan setiap tahun.
    Sebagai bagian untuk mengedukasi finansial bagi masyarakat Indonesia, Citi telah menayangkan program Uang Anda selama tiga tahun terakhir ini. Menurut Vice President Corporate Affairs Head Citibank N.A Sonitha Poernomo, pemirsa memberikan tanggapan positif dengan memberikan pertanyaan via email telah mencapai jumlah 150 email.

    Dari pertanyaan yang masuk selama tiga tahun terakhir, sebut Sonitha, pertanyaan yang paling umum dan sering adalah:
    Bagaimana saya bisa menabung dengan pendapatan yang pas-pasan?
    Bagaimana cara berinvestasi? Apa yang paling menguntungkan?
    Bagaimana memulai usaha dan usaha apa yang paling cocok untuk saya?

    Menurutnya, ada 10 cara mudah menabung:

    1. CATAT KEBIASAAN ANDA DALAM SEBULAN
    Anda tidak perlu kaya raya untuk bisa menabung. Sebenarnya menabung itu sangat mudah, selama pengeluaran Anda lebih kecil dari pendapatan. Sebelum Anda memutuskan untuk menghemat pengeluaran yang mana, Anda harus tahu bagaimana kebiasaan Anda dalam mengeluarkan uang setiap bulannya.

    Untuk itu cobalah mulai bulan depan untuk mencatat pengeluaran harian, mingguan dan bulanan. Gunakan buku kecil yang mudah dibawa kemana-mana. Jangan kaget kalau ternyata kebiasaan ngopi yang hanya Rp 25.000 per minggu, sebenarnya bisa mencapai Rp 2 juta setahun. Jika Anda menemukan hal-hal seperti ini, maka berhematlah dengan cara membuat kopi sendiri atau biasakan membawa botol air minum kemanapun Anda pergi. Begitu juga dengan pengeluaran yang lain, untuk beli baju tunggu saja waktu ada SALE dan tentukan batas anggaran yang bisa digunakan saat belanja.



    2. SISIHKAN UANG UNTUK ANDA PRIBADI
    Kunci kesuksesan menabung adalah untuk menyisihkan uang di awal, sebelum pembayaran hal-hal lain seperti membayar listrik, air dan cicilan. Tentukan tujuan jangka panjang dan secara reguler tabunglah uang Anda dalam tabungan ataupun investasi.

    Jika Anda terbiasa untuk berbelanja dan baru berusaha menabung setelah ada sisa uang di akhir bulan, maka umumnya sisa uang yang ada di rekening Anda tidak banyak.

    Jangan beri kesempatan untuk boros, siapkan dana hari tua, dana darurat, dan dana kuliah dengan cara automatic transfer. Setiap akhir bulan Anda akan merasa senang bahwa Anda sudah menyimpan sesuatu untuk masa depan.

    3. TENTUKAN TANGGAL
    Jika Anda mendapat gaji bulanan maka tidak akan bermasalah untuk menentukan tanggal untuk menyisihkan dana, tapi bagi Anda yang menerima upah/gaji tiap dua minggu, maka tentukan satu dari dua tanggal tersebut untuk menyisihkan dana yang akan ditabung. Jika Anda wirausahawan, tentukan tanggal di tengah bulan di saat Anda tidak membayar tagihan-tagihan.

    4. BAYARLAH UTANG ANDA
    Segera melunasi utang adalah salah satu cara terbaik untuk mempercepat Anda dalam menabung. Hal ini disebabkan karena bunga pinjaman lebih tinggi dari bunga tabungan.

    5. JAGA TERUS DISIPLIN ANDA
    Setelah utang terbayar, maka teruslah sisihkan dana setiap bulannya ke tabungan, bahkan lebih baik lagi jika tersedia pnarikan otomatis untuk in masukkan ke investasi.

    6. MOTIVASI DIRI ANDA UNTUK MENCAPAI HASIL YANG BESAR
    Tentukan apa yang Anda inginkan (Sofa Baru, Paket Liburan Keluarga, Home Theatre) dan ketahui berapa jumlah dana yang dibutuhkan, kemudian tentukan cara yang realistis seperti menabung reguler selama enam bulan.

    Letakkan gambar yang menunjukkan apa yang Anda impikan di meja kerja, kamar ataupun dompet agar Anda selalu ingat tujuan Anda menabung. Jadi tiap kali ada godaan diskon ataupun SALE di mal, Anda tidak mudah tergoda.

    7. BUKA REKENING YANG TIDAK BISA ANDA SENTUH
    Untuk pembelian dengan jumlah yang lebih besar, seperti down payment untuk rumah atau mobil, menabunglah perlahan dengan memanfaatkan deposito. Rekening ini umumnya memiliki tingkat bunga lebih tinggi daripada tabungan biasa, dan jangka waktu yang periodenya telah ditentukan. Dengan demikian Anda tidak dapat menyentuhnya saat ada godaan untuk berbelanja, namun tetap dapat dicairkan saat terjadi keadaan darurat.

    8. GUNAKAN CELENGAN ATAU TOPLES UNTUK KOIN ANDA
    Uang dalam bentuk koin sering dianggap tidak penting, padahal jika dikumpulkan sesuai dengan pepatah “sedikit sedikit lama lama menjadi bukit” Di saat toples atau celengan penuh bisa menambah jumlah tabungan Anda atau dapat digunakan untuk kebutuhan seperti membeli buku tulis anak, hadiah kecil dan lain-lain.

    9. KANTONGI BONUS & KEJUTAN LAINNYA
    Setiap kali Anda menerima bonus atau hadiah dalam bentuk tunai, langsung masukkan ke rekening tabungan. Uang ini bukan bagian dari penghasilan reguler Anda, sehingga jangan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari Anda dan simpanlah. Jika Anda memiliki utang, gunakanlah dana ini untuk melunasi utang Anda.

    10. BIASAKAN HIDUP HEMAT
    Terdapat banyak cara untuk berhemat tanpa harus menderita. Bawalah makanan dan air minum dari rumah, gunakan transportasi umum, berhenti merokok, berlibur di saat yang tidak padat (low season), manfaatkan diskon agar memperoleh barang yang Anda “butuhkan” dengan lebih murah, dan masih banyak lagi.

Informasi Dari Seluruh Kabupaten / Kota di Provinsi Riau