Sabtu, 13 Agustus 2022

Berita

27 Juli 2022    Rudi Wijaya

Pemantapan Kesadaran Bela Negara Kita Tekadkan Bela Indonesia Selamanya dan Sambut Pemilu 2024

        

A.Pada Hari Rabu 27Juli Pukul 09.00 WIB,dilaksanakan  Kegiatan Pemantapan Kesadaran Bela Negara. yang ditaja oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Riau dengan tema "Melalui Kegiatan Pemantapan Kesadaran Bela Negara,Kita tekadkan Bela Indonesia selamanya dan sambut Pemilu 2024 dengan Damai", bertempat di Ruang Pertemuan Lantai III Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Riau Jalan Thamrin No 93 Pekanbaru. 

B. Hadir dalam kegiatan :

1.Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Riau (Jenri Salmon Ginting, AP.M.Si).

2.Kabid HAM Kanwil Kemenkum HAM Provinsi Riau (Max Mahdi).

3.Analis Hukum Ahli Pertama Kanwil Kemenkum HAM Provinsi Riau/Narasumber (Christina Raffela Shimamora).

4.Pasi Komsos Korem 031/WB /Narasumber (Kapt.Inf.Abdilah Rahmansyah). 

5.Moderator (Ir.A.Z.Fachri Yasin M.Agr).

6.Kabid Ideologi Wasbang dan Karakter Bangsa (Sri Petri Hartati, S.Pd).

7.Sub Koordinator Sub Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan (Saputra SE.)

8.Sub Koordinator Sub Bidang Bela Negara dan Karakter Bangsa (Yati Haramora,S.Sos.M.Si).

9.Peserta Kegiatan Perwakilan dari FPK, FKDM,FKUB, BEM UNRI, BEM UMRI, BEM UIR, SMA Santa Maria,  SMK Labor, MAN 2 Model, SMA 8 Pekanbaru berjumlah +- 30 Orang. 


C.Susunan Acara sebagai berikut:

1.Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. 

2.Laporan Panitia oleh Sub Koordinator Sub Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan (Saputra SE.)

3.Sambutan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Riau (Jenri Salmon Ginting, AP.M.Si) sekaligus membuka Kegiatan :
a).Kegiatan Bela Negara ini wajib bagi setiap Warga Negara, Badan Kesbangpol mengemban salah satu fungsi tugas yaitu idelogi, wawasan kebangsaan, Bela Negara dan Karakter Bangsa. 

b).Kesadaran bela negara menjadi bagian penting dari strategi nasional bangsa dan negara Indonesia guna menghadapi berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan. Sejarah berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang diperoleh melalui perjuangan panjang dan penuh pengorbanan, tidak dapat dilepaskan dari peran dan kontribusi dari seluruh komponen bangsa. Negara dan bangsa Indonesia mengerahkan segenap daya upayanya dalam rangka mencapai tujuan nasional sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945, yaitu melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. 

c).Bela negara juga dapat kita lakukan dengan menjunjung tinggi dan mengedepankan Hak Asasi Manusia dalam setiap tindakan kita dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.  
d).Dalam Kegiatan ini kami mengharapkan:
*Mari kita ikuti setiap penyampaian Materi oleh Narasumber dengan penuh Kerelaan dan keikhlasan. 
*Masing masing kita dapat menyampaikan pikiran, pendapat melalui Diskusi Diskusi yang akhirnya dapat menjadi pengingat bagi kita bahwa ini adalah salah satu bentuk upaya kita dalam Bela Negara. 
*Masing masing kita dapat menyampaikan  kepada orang orang terdekat kita, Keluarga dan teman yang tentang Pentingnya Bela Negara.
e).Kami sampaikan berdasarkan intruksi menteri Dalam Negeri  dengan Program 10 Juta Bendera Merah Putih mulai dari tanggal 1 Agustus 2022 Setiap Warga Negara wajib mengibarkan Bendera Merah Putih selama 30 hari.

f).Pada kesempatan ini kami dari Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Provinsi Riau perlu menyampaikan bahwa dalam menghadapi Pemilihan Umum Serentak tahun 2024, kita harus menjaga situasi dan kondisi tetap kondusif hingga terlaksananya Pemilu yang damai dan kondusif di Bumi Melayu Lancang Kuning Kita ini. 
g).Demikian beberapa hal yang ingin saya sampaikan, dan dengan diawali Bismillahirrahmannirrahiim, saya buka acara ini secara resmi.

4.Pembacaan Doa

5.Photo Bersama. 


D.Pukul 09.30 WIB, Pembukaan Kegiatan Pemantapan Kesadaran Bela Negara selesai. 

E.Pukul 09.45 WIB, Pemberian Materi oleh Narasumber dengan judul :

1.Upaya Penegakan Hak Azasi Manusia dan Permasalahannya di Provinsi Riau oleh Narasumber Analis Hukum Ahli Pertama Kanwil Kemenkum HAM Provinsi Riau/Narasumber (Christina Raffela Shimamora).

2.Peran Strategis Masyarakat dalam Usaha Bela Negara oleh Narasumber Pasi Komsos Korem 031/WB. (Kapt.Inf.Abdilah Rahmansyah).

F.Pukul 11.00 WIB, Sesi Diskusi dan Tanya Jawab. 

G.Pukul 11.35 WIB, Kegiatan Kegiatan Pemantapan Kesadaran Bela Negara selesai, keadaan aman dan tertib. (Sumber : Intelijen Badan Kesbangpol Riau)

Informasi Dari Seluruh Kabupaten / Kota di Provinsi Riau