Sabtu, 06 Juni 2020

Berita

25 Februari 2020    Rudi Wijaya

Rangkaian Acara Kunjungan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo di Provinsi Riau

        

Pekanbaru-Pada hari Jumat tanggal 21 Februari 2020 pukul. 07.30 wib telah berlangsung Rangkaian Acara Kunjungan Presiden RI (Ir. H. Joko Widodo) di Provinsi Riau.

A. Peresmian Rehabilitasi, Renovasi Bangunan dan Penandatanganan Prasasti Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Kota Pku oleh Presiden RI Ir.H.JOKO WIDODO bertempat di MTsN 3 Jl. Unggas No.116 Kel.Simp.Tiga Kec.Bukit Raya Kota Pekanbaru.

B. Adapun Turut hadir dalam kegiatan tersebut :

  1. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bpk. M. Basuki  Hadimuldjono.
  2. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ibu. Siti Nurbaya.
  3. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Bpk. Sofyan Djalil.
  4. Kepala Staf Kepresidenan Bpk. Moeldoko.
  5. Kepala Sekretariat Presiden Bpk. Heru Budi Hartono
  6. Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto.
  7. Gubernur Riau Drs. Syamsuar, MSi
  8. Kapolda Riau IRJEN POl Agung Setya Imam Efendi, S.H.,S.I.K.,M.Si.
  9. Panglima Kodam I Bukit Barisan Mayjen  TNI MS Fhafillah
  10. Kepala MTS 3 Kota Pku Darusman , M.Pd.
  11. Ka Kanwil Kemenag Riau Drs.H.Mahyudin.MA.
  12. Majelis Guru dan Siswa/i -+ 1.100 orang.

C. Adapun rangkaian kegiatan  Acara adalah sebagai beriku :

  1. Sambutan Kepala MTSN 3 Kota Pekanbaru Bpk. DARUSMAN, M.Pd.

"Ucapan terimaksih atas bantuan yg telah diberikan oleh Pemerintah  kepada MTS N 3 Pekanbaru atas pembangunan Renovasi dan rehabilitasi sekolah, sehingga dengan kondisi yg saat ini kami dan anak anak murid dapat belajar/ menuntut ilmu dengan baik dan hikmat. Semua ini tidak lain hanya untuk kemajuan bangsa dengan menciptakan bibit2 SDM yg baik dan handal dan atas nama Kementrian Agama Riau, MTsN 3 dan masyarakat Kota Pekanbaru mengucapkan terimakasih yg sebesar besarnya kepada Pemerintah / Bpk.Presiden RI atas bantuannya sehingga MTSN 3 dpt terenovosi sangat layak dan sangat bagus untuk ditempati sebagai tempat belajar kedepannya. Harapan kami semoga madrasah2 lain yg belum tersentuh dapat di sentuh oleh pemerintah agar anak2 dpt belajar menuntut ilmu dg baik.

Peresmian dan Penandatanganan Prasasti oleh Presiden RI dan dilanjtkan Penyerahan secara simbolis Bola Volly kepada perwakilan Siswa.

A. Pada hari Jumat tanggal 21 Februari 2020 pukul 08.13 Presiden RI dan rombongan tiba di Lanud Roesmin Nurjadin dan transit.

B. Pukul 08.24 Presiden RI dan rombongan meninggalkan Lanud Roesmin Nurjadin menuju Pelalawan dengan menggunakan 3 Heli TNI AU.

C. Adapun Heli TNI AU yang membawa rombongan :

  1. Heli 1 ( Jenis Caracal) : Pilot Letkol Pnb Lukman.
  • Presiden RI
  • Menteri PUPR
  • Kepala Sekretariar Presiden
  • Danpaspampre
  • Ajudan Presiden

Dan Grup A

  • Pengawal Pribadi Presiden
  • FSO

2. Heli 2 (Jenis H-3222) : Pilot Letkol Pnb Fred

  1. Kepala Staff Kepresidenan
  2. Gubernur Riau
  3. Sekmilpres
  4. Pangdam 1/BB
  5. Kapolda Riau
  6. Stafsus Presiden
  7. Kabiro Protokol Sekpres
  8. Kabiro Pers Media Informasi
  9. Danrem 031/WB

3. Heli 3 (Jenis H-3203) : Pilot Letkol Pnb Purbo

  • Dokpri Presiden
  • Dantim Dokpri
  • Danden Pam Pri
  • Staff Pribadi Presiden
  • Pembantu Aspri Presiden
  • Protokol Perjalanan
  • Fotografer Presiden
  • Kameramen Presiden
  • Pam Pri Presiden
  • Asisten Adc Presiden.

D. Selama giat di Lanud Roesmin Nurjadin situasi dalam keadaan aman.

III. A. Perihal: Kunjungan Presiden RI Bpk Joko Widodo di Komplek PT.RAPP

(Riau Andalan Pull and Paper) Kec. Pangkalan kerinci Kab. Pelalawan*.

Pada hari Jum'at tanggal 21 Pebruari 2020 pukul 09.00, bertempat di PT. RAPP (Riau Andalan Pull and Paper) telah dilaksanakan Peresmian PT APY and PT. APR (Asia Facific Yarn and Asia Facific Rayon) oleh *Presiden RI Bpk. Joko Widodo.

Adapun Rangakian Kegiatan sbb :

  1. Pukul 08.50 Wib, Presiden RI Bpk. Joko Widodo beserta Rombongan tiba di Landasan Helipad PT. RAPP  dengan menggunakan 3 unit Helikopter disambut oleh :
  • Bupati Pelalawan.
  • Dandim 0313/KPR.
  • Kapolres Pelalawan.
  • Pimpinan PT. RAPP.

Pukul 08.55 Wib,  Presiden RI Bpk. Joko Widodo beserta Rombongan meninggalkan Helypad PT. RAPP menuju APR dan APY Komplek PT. RAPP.

Kata sambutan dari Gubernur Riau H. Syamsuar yang intinya sbb :

Atas nama Masyarakat Riau kami mengucapkan  selamat datang Bapak presiden republik indonesia serta rombongan ke tanah langcang kuning Riau.

Kami laporkan kepada Bapak presiden tahun 2019 inpestasi  sangatlah meningkat.

Sambutan Presiden RI Bpk. Joko Widodo sekaligus  presmian APY and APR Semua negara saling merebut inpestasi karna berkaitan dengan uang yang dapat mensejahterakan masyakat. Saya menyambut baik yang dilakukan oleh PT.APR di Kabupaten Pelalawan Prov Riau. Saya pun merasa kaget kalau kayu bisa menjadi kain dan perlu diberi apresiasi, Indonesia tidak kalah dengan negara eropa dan negara lain kerena kita dapat membuat kayu menjadi benang. Pelepasan Kendaraan Ekspor Viscos Rayon

Pada Pukul 10.15 Wib, Acara peresmian APR (Asia Pacific Rayon) dan APY (Asia Facific Yarn) selesai, selanjutnya Presiden RI Bpk. Joko Widodo beserta Rombongan menuju Kerinci Central Nursery 2 (KCN2) komplek PT. RAPP. Pada Pukul 10.25 Wib, Presiden RI Bpk. Joko Widodo beserta Rombongan tiba di kantor KTC. Lab & KCN2 PT. RAPP di lanjutkan peninjauan dan foto bersama dengan karyawan KCN 2 PT. RAPP. Pada Pukul 10.45 Wib, Presiden RI Bpk. Joko Widodo beserta Rombongan meninggalkan lokasi KCN2 menuju Helly Pad PT. RAPP.

H. Pada Pukul 10.55 Wib, Presiden RI Bpk. Joko Widodo beserta Rombongan tiba di Helly Pad PT. RAPP. Pada pukul 11.05 Wib, Presiden RI Bpk. Joko Widodo beserta Rombongan take off meninggalkan PT. RAPP menuju Minas Kab. Pelalawan. Selama kegiatan berlangsung situasi aman dan terkendali

IV. A. Pada hari Jumat tgl 21 Februari 2020 pukul.10.50  Wib Presiden RI Bpk Ir. H. Joko Widodo beserta Rombongan tiba di Gerbang Tol Pekanbaru - Dumai Jl.Yos Sudarso  Kelurahan Muara Fajar Kec.Rumbai Kota Pekanbaru.

B.Adapun yg menyambut Presiden RI Bpk.Ir.H.Joko Widodo beserta Rombongan sbb :

1. Komisaris Utama HK Bpk.Budiman.

2. Direktur Utama HK Bpk.Bintang Prabowo.

3.Wagubri Bpk.Edi Natar Nasution.

4.Ketua DPRD Bpk.Hardianto.

5.Walikota Pekanbaru Bpk.DR.H.Firdaus ,ST.MT.

6.Dirut HKI Ibu.Aji Pangestu.

7.Para Pejabat dilingkungan HK dan HKI.

B. Pada Pukul 11.54  Wib, Presiden RI Bpk.Ir.H.Joko Widodo beserta rombongan mendengarkan Laporan Progres Pembangunan Jalan Tol Ruas Pekanbaru - Dumai (Seksi 1 Pekanbaru - Minas) yang disampaikan oleh Direktur Utama HK Bpk.Bintang Prabowo.

C. Pada pukul 11.59 wib Presiden RI Bpk.Ir.H.Joko Widodo beserta rombongan meninjau ke Pintu Jalan Tol Ruas Pekanbaru - Dumai (Seksi 1 Pekanbaru - Minas).

D. Pada pukul 12.02 wib Presiden RI Bpk.Ir.H.Joko Widodo beserta rombongan mengunjungi wartawan dan Menyampaikan sebagai berikut :

     1. Insyaallah jalan Tol Pekanbaru - Dumai  pada Bulan April sudah dapat kita Resmikan dan sudah bisa digunakan oleh masyarakat Pekanbaru dan Dumai.

     2. Pekerjaan Jalan TOL Pekanbaru - Dumai saat ini sudah mencapai 90 %. Dari total ruas Jalan TOL Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 KM Yang menghubungkan Pekanbaru - Dumai.

     3. Tol Trans Sumatra ini panjang nya 740 KM Yang mana akan menghubungkan Pulau Sumatera.

E. Pada pukul 12.07 wib Presiden RI Bpk.Ir.H.Joko Widodo beserta rombongan meninggalkan Lokasi dan Melanjutkan untuk melaksanakan Shalat Jumat. Selama kegiatan berlangsung situasi dalam keadaan aman dan kondusif.

F. Pada Pukul 12.21 wib Bpk Ir H Joko Widodo beserta rombongan tiba di Masjid Al Fatah Komplek Chevron Minas untuk melaksanakan sholat Jum'at.

V.  A. Pada hari Jumat tanggal 21 Februari 2020 Pukul 14.10 wib telah berlangsung kegiatan Penyerahan Surat Keputusan (SK) Perhutanan Sosial Oleh Presiden RI Kepada Masyarakat. Yang dilaksanakan di Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim Riau Jalan Lintas Sumatera Pekanbaru-Minas. Dihadiri sekitar -+ 2.000 Orang.

     B. Adapun Turut hadir dalam kegiatan tersebut :

1 Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bpk. M. Basuki  Hadimuldjono.

2. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ibu. Siti Nurbaya.

3. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Bpk. Sofyan Djalil.

4. Kepala Staf Kepresidenan Bpk. Moeldoko.

5. Kepala Sekretariat Presiden Bpk. Heru Budi Hartono

6. Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto.

7. Gubernur Riau Drs. Syamsuar, MSi

8. Kapolda Riau IRJEN POl Agung Setya Imam Efendi, S.H.,S.I.K.,M.Si.

9. Panglima Kodam I Bukit Barisan Mayjen  TNI MS Fhafillah

     C. Adapun susunan acara sebagai berikut :

     - Pada pukul 14.24 wib Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

     - Pada pukul 14.26 wib Pembukaan oleh MC.

     - Pada pukul 14.27 wib Kata Sambutan Mentri (Siti Nurbaya) Menyampaikan sebagai berikut :

     1. Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden RI yang pada kesempatan ini berkesempatan hadir dalam pemberian

     2. Pada hari ini kita akan membagikan Surat Keputusan (SK) Perhutanan Sosial Oleh Presiden RI Kepada Masyarakat. Yang mana ini merupakan program Pemerintah RI untuk mengupayakan kesejahteraan Masyarakat.

     3. Didalam Pembagian Surat Sertifikat SK Surat Keputusan (SK) Perhutanan Sosial ini akan kita bagikan untuk 12 Kabupaten yang ada di Provinsi Riau. Yang mana besaran Lahan yang dibagikan setiap Kabupaten Berbeda-beda. Lahan yang dibagikan juga merupakan ada yang lahan hutan adat, dan hutan lindung yang di fungsikan untuk dikelola oleh masyarakat untuk meningkatkan Perekonomian penduduk setempat.

     - Pada pukul 14.34 wib Penyerahan Surat Sertifikat Perhutanan yang dilakukan oleh Presiden RI.

     - Pada pukul 14.37 wib Kata Sambutan Presiden RI Menyampaikan sebagai berikut :

     1. Kalau sudah di beri segera jadikan barang yang produktif yang dapat meningkatkan manfaat buat anggota kelompok atau anggota adat. Apakah mau ditanami tanaman holtikultura, atau pun tanaman yang dapat jangka panjang.

     2. Presiden Jokowi memanggil masyarakat yang telah mendapatkan Sertifikat Pengolahan Tanah dan menanyakan apa yang akan dilakukan oleh masyarakat untuk lahan yang telah diperoleh.

     3. Presiden juga mengingatkan jangan pindah tangankan lahan tersebut dan juga sampai menterlantarkan tanah yang sudah di Peroleh.

     4. Kelola lah lahan yang sudah diberikan dengan Produktif agar dapat menguntungkan masyarakat kelompok.

     5. Sebelum melakukan pengolahan tanah tersebut, maka kita harus benar-benar di teliti dahulu apa yang akan ditanam dan bagaimana harga jual nya ketika panen. Jangan sampai waktu panen malah harga jual komoditi yang ditanam tersebut anjlok harganya.

     - Pada pukul 15.04 wib Pembacaan Doa.

     - Pada pukul 15.06 wib Presiden RI Meninggalkan Tempat Acara.

     - Pada pukul 15.13 wib Presiden RI Bercengkrama dengan masyarakat yang hadir.

     D. Pada pukul 15.20 wib Kegiatan Penyerahan Surat Keputusan (SK) Perhutanan Sosial Oleh Presiden RI Kepada Masyarakat. Yang dilaksanakan di Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim Riau Jalan Lintas Sumatera Pekanbaru-Minas selesai dilaksanakan. Selama kegiatan berlangsung situasi dalam keadaan aman dan kondusif.

   VI.  A. Pada pukul 15.25 WIB Presiden RI beserta rombongan via jalur darat menuju VIP Pandawa Lanud RSN.

     B. Pada Pukul 16.05 WIB Presiden RI beserta rombongan tiba di VIP Pandawa Lanud RSN selanjutnya boarding menuju pesawat BBJ-2/A-001 menuju Lanud SIM.

Informasi Dari Seluruh Kabupaten / Kota di Provinsi Riau